Thursday 7 May 2015

Kamu Berubah Stu



Kamu Berubah Stu…..

            Pagi yang baru, hari ini hari pertama masuk sekolah setelah liburan sekolah selama 2 minggu. Kemarin aku baru pulang berlibur dari rumah oma. Sudah 2 tahun aku tidak pernah liburan ke rumah oma lagi sejak terakhir kalinya aku datang bersama Stuart, sahabatku sejak kecil. Kita memang bertetangga, Stuart anak Om Surya dan Tante Serly, karena seumuran kita sering main bersama. Memanjat pohon, masak-masakan, memancing, mengoleksi kupu-kupu dan juga bunga. Kita juga teman sekolah, sekelas dan sebangku dari SD sampai SMA sekarang ini, waktu SD kalau aku diganggu pasti Stuart membantu dan melindungiku, dia memang sok jagoan. Waktu kecil kita berdua sering liburan bersama, kadang aku ke rumah om-nya di Solo. Kita berdua bermain di Candi Borobudur dan selalu mencoba untuk bisa menyentuh jari patung Budha, aku meminta rumah bunga ditambah banyak kupu-kupu sementara Stuart selalu ingin menjadi Superman. Kadang kita berdua juga pergi liburan ke rumah omaku, di desa Banjarnegara, di daerah perbukitan. Kita sering jalan-jalan keliling danau di atas bukit, mengejar kelinci, mencari buah-buah hutan, sampai lupa waktu dan sering dimarahi oma. Dan waktu aku tiba di rumah oma sendirian, beliau menanyakan Stuart.
“Oma! Cucumu yang paling cantik udah nyampe nie…”, kataku sambil memeluk oma yang sudah agak rabun matanya.
“Aduh Jessy, kamu udah tambah tinggi sekarang. Yuk, masuk sayang, diluar dingin….”
“Hehehe, iya dong oma. Pasti oma kaget yah…, terakhir aku kesini khan aku masih kelas 2 SMP, sekarang khan aku udah kelas 2 SMA jadi tambah tinggi dong…..”
“Oh iya, kamu nggak bareng Stuart? Nggak biasanya kamu datang kesini sendirian, emang Stuart kemana?”
”Ahhh, nggak tau tuh si Stuart kemana. Waktu mau kesini aku ngajak dia tapi katanya dia mau pergi manjat tebing sama temen-temen cowonya. Dia nggak ngajak aku pula, katanya ini khusus buat cowo aja. Gak asik banget dia sekarang oma”
”Kenapa kamu nggak ngajak temen-temen cewe kamu kesini aja? Biar kamu nggak kesepian khan liburan sendirian?”
”Yahh...., oma kayak nggak tau aja, anak-anak cewe di sekolah elit kayak SMA Bunda Harapan gitu mana ada yang suka liburan di pedesaan kayak gini. Yang ada mereka tuh maunya ke Paris-lah, Spanyol-lah, Singapore-lah, pokoknya mau mereka tuh cuman shopping aja. Gak banget deh!”
”Kamu nggak suka?”
”Aduhh omaku tersayang, udah 16 tahun Jessy jadi cucu oma, masa oma masih nggak ngerti mau-maunya Jessy sih? Jessy tuh sukanya liburan yang penuh tantangan, petualangan, pemandangan alam, pokoknya serba alam....., gitu oma.....”
”Huhh, kamu itu emang mirip banget sama opamu itu. Sukanya manjat tebing, mendaki gunung, sampe-sampe akhirnya setelah kita nikah kita memutuskan buat tinggal di desa Banjarnegara ini karena opamu suka suasana alamnya yang ada di daerah perbukitan”
”Ahhh, oma kok jadi nostalgia gitu sih.... Ummm, Jessy udah laper nih oma......”
”Ya udah, ayo kita makan. Oma udah nyiapin sop buntut kesukaan kamu. Abis itu kamu tidur, besok pasti kamu mau pergi ke danau di atas bukit itu khan....?”
”Oma tau aja...., danau itu emang favorit aku setiap kali liburan disini oma, heheheh....”
.......................
            Teng.....teng....teng....
            ”Stuart tungguin!!”, aku mengejar Stuart yang sudah tiba di depan pagar gerbang sekolah, pagi ini dia tidak menunggu aku lagi untuk berangkat sekolah bersama. Dia berhenti dan  menengok tapi terus berjalan.
”Woi...!!”
”Aduhh, apa-apaan sih kamu, main jitak kepala orang aja?”, dia meringis kesakitan sambil memegang kepalanya yang sudah berhasil aku jitak.
”Habisnya, suruh nungguin malah cuek. Kenapa lagi-lagi kamu berangkat sekolah sendiri?”
”Aduh Jes..., kita tuh bukan anak SD ato SMP lagi..... Kamu bisa jalan sendiri khan? Gak usah berangkat sekolah bareng juga tujuan kita sama khan, SMA Bunda Harapan, kamu tau khan jalannya?”, jawab Stuart yang tampak kesal.
”Kamu kenapa sih Stu....., kenapa......”, aku pun tiba-tiba sadar ini awal masuk liburan, sangat tidak menyenangkan bila harus mengawali hari ini dengan keributan. Aku pun akhirnya meminta maaf.
”Yahh...., sorry Stu, cuma becanda. Ummm, btw gimana liburan kamu? Aku kemarin liburan ke rumah oma, beliau nanyain kamu gitu....”, aku pun akhirnya mengganti topik pembicaraan.
”Ohh, liburanku asik kok….”, jawab Stuart asal-asalan.
“Kamu tau gak Stu, kelinci di sekitar danau di atas bukit itu sekarang udah tambah banyak….., lucu-lucu banget….. Sejak terakhir kali kita pergi bareng kesana kayaknya nambah 10 ekor deh….., aku pengen ngasih mereka nama tapi susah soalnya mirip semua sih kelincinya…., heheheheh”
“Oh gitu, eh Jes…., aku duluan ke kelas yah….., see ya....” , kata Stuart sambil berlari kecil menuju kelas.
“Kenapa sih tuh anak, sejak naik ke kelas 2 dia selalu menghindariku, diajak jalan gak mau, diajak ngerjain PR bareng dibilang gak usah, aku ke rumahnya selalu sok sibuk. Apa dia udah punya cewe kali yah? And dia gak mau aku tau…..”, pikirku dalam hati.
…………………..
            Seharian ini di sekolah aku habiskan untuk mencari informasi dari teman-teman soal pacarnya (mungkin…) Stuart. Aku pun memutuskan untuk bertanya pada Cybil, dia terkenal paling suka menyebarkan gosip, pastinya dia akan tahu kalau ada gosip tentang Stuart.
“Eh Cy, bisa ngobrol bentar nggak?”, tanyaku saat Cybil sedang menikmati jus jeruknya di kantin sekolah bersama Nina dan Maya.
“Boleh, kenapa emangnya?”, jawab Cybil serius.
“Tapi nggak disini…, ikut aku bentar mau nggak?”, balasku membuat Cybil penasaran dan langsung bangun dari kursinya.
“Gals, aku minjem Cybil bentar yah….”, Nina dan Maya pun cuman tersenyum.
“Kenapa nie Jes, ada gosip yah yang mau kamu kasi tau…..?”, tanya Cybil antusias.
“Nggak, justru aku mau minta informasi sama kamu. Kira-kira kamu tau nggak si Stuart cewenya siapa?”, aku pun tidak kalah antusias bertanya pada Cybil.
“Ohh…., bisa. Kalau cewenya Stuart sih aku gak tau persis tapi cewe-cewe yang naksir Stuart mah banyak, ada Tita, Delshy, Ria, Belda, Justin, Selvia, Aysah, Saori, Rara, trus….”
“Waduh, kok banyak banget? Mereka pada katarak yah sampe mereka bisa naksir sama si Stuart?”, tanyaku keheranan.
“Aduh Jes, kamu udah bertahun-tahun sahabatan sama si Stuart kok kamu nggak bisa ngeliat aura ketampanannya dia sih? Di sekolah ini banyak kali yang naksir sama si Stuart, tapi aku belum pernah ngedengar kabar Stuart macarin salah satu diantara cewe-cewe itu, sumpah dia cool abis……”, terang Cybil sambil terus memutar ujung rambutnya yang dikepang ke samping.
“Ohh…, yah udah. Makasih yah Cy buat infonya….., bye....”, aku pun beranjak kembali ke kelas untuk mencari Stuart. Sesampainya di pintu kelas aku kaget melihat Rara anak XI IPA 2 menyodorkan selembar kertas undangan pada Stuart.
“Mmmm, Stuart, hari Jumat nanti datang yah ke birthday party-ku. Cuman kamu anak kelas bahasa yang diundang, jadi datang yah……, aku tunggu…..”, ujar Rara yang sudah salah tingkah di depan Stuart.
“Ohh gitu…., yah udah. Nanti aku usahain…..”, Stuart langsung menyimpan undangan itu dalam tasnya sambil tersenyum manis.
………………….
            Siang ini seperti biasa Jakarta selalu panas dan macet, ubun-ubun kepalaku rasanya akan meleleh. Waktu bel pulang sekolah tadi aku mau mengajak Stuart pulang bersama tapi dia seakan sudah mengetahui niatku dan langsung beranjak pergi. Aku berusaha untuk menyusulnya tapi dia sudah tidak terkejar lagi, akhirnya aku jalan sendirian menuju halte bus. Selama menunggu bus di halte aku merasa seperti ada orang yang terus memperhatikanku, tapi karena ada banyak orang di halte jadi aku tidak terlalu ambil pusing. Setelah 30 menit menunggu akhirnya ada juga bus yang belum penuh, saat aku hendak menaiki bus tiba-tiba tasku dijambret. Aku sangat terkejut dan akhirnya hanya bisa berteriak sekencang-kencangnya.
“J A M B R E T !!!!!!!!”
Orang di sekitar tempat itu akhirnya sadar ada yang membutuhkan pertolongan, dengan sigap mereka beranjak dari kegiatan mereka masing-masing dan mencoba menolong. Mereka beramai-ramai mengejar penjambret itu, aku pun ikut lari mengejar. Aku pernah jadi atlit lari saat masih SMP, jadi berlari bukan hal sulit bagiku. Akhirnya penjambret itu berhasil ditangkap, oleh massa dia hendak diadili tapi polisi datang dan mengamankannya. Tragedi siang itu benar-benar membuatku lebih kesal pada Stuart, kalau saja dia ada dan menemaniku pulang sekolah kejadian itu pasti tidak terjadi. Aku hanya bisa memendam rasa kesal dalam hati. Sesampainya di rumah aku langsung masuk ke kamar dan beristirahat, tapi aku masih memikirkan kejadian di kelas tadi.
“Kenapa Stuart nerima undangan dari Rara? Emang dia nggak inget yah Jumat nanti khan aku juga ulang tahun, seharusnya khan dia ingat tiap kali aku ulang tahun aku selalu nunggu kado dari dia di taman belakang rumah. Ato mungkin dia cuman gak enak hati sama Rara aja makanya dia nerima undangan itu, aku yakin kok Stuart pasti inget ulang tahunku, dan dia pasti datang dan ngasih aku kado nanti. Tapi tahun lalu Stuart nggak kasi aku kado, mungkin karena waktu itu dia khan lagi khawatir sama mamanya yang lagi sakit, tapi dia nggak minta maaf sama aku waktu itu. Ahh.., udahlah Jes, kamu itu harus percaya sama sahabat kamu. Stuart pasti datang, pasti...!!!”, begitu banyak pertanyaan dalam kepalaku, tapi akhirnya aku memutuskan untuk yakin dan percaya pada Stuart, sahabatku.
................................
            Perasaan seseorang di hari ulang tahunnya itu memang selalu berbeda, senang sekali..... Karena pada hari itu dia yakin akan ada banyak orang yang menunjukan rasa sayang mereka padanya, seperti aku hari ini..... Hari ini yang pertama mengucapkan selamat ulang tahun dan memberikan kado padaku pastinya mama dan papa, selanjutnya ada Tyas, adikku, oma, om Surya dan tante Serly, teman-teman sekelas, gebetan-gebetan, dan........., hanya itu. Aku menunggu ucapan selamat dari Stuart, tapi sudah sampai sore dia belum juga terlihat.
”Mungkin dia lagi nyiapin kado buat aku nanti malam...”, pikirku.
Malam itu aku menunggu Stuart di taman belakang rumah, dari kecil memang dia selalu jadi orang terakhir yang memberi aku ucapan selamat ulang tahun dan kado, dan aku selalu menunggu dia di taman belakang rumah. Detik berganti detik, menit berganti menit, jam berganti jam, Stuart tidak kunjung datang. Aku tetap keukeuh menunggunya, walau mama dan papa sudah menyuruh aku masuk karena banyak nyamuk tapi aku malah membawa selimut dari kamar dan tetap menunggu Stuart hingga.........,
”Jes, bangun sayang udah pagi nie.....”, suara mama membangunkanku yang tertidur di kursi taman.
”Hah?!? Udah pagi ma?”, aku yang setengah terkejut akhirnya sadar penantianku semalaman tidak membuahkan hasil, Stuart tidak datang.
............................
            Aku yang semalaman menunggu Stuart di taman akhirnya jatuh sakit, dokter bilang aku terjangkit demam berdarah. Aku pun harus istirahat di rumah karena demam tinggi selama 3 hari, tubuhku lemas. Teman-teman sekelas datang untuk menjenguk tapi aku tidak menemukan sosok Stuart diantara mereka, bahkan om Surya dan tante Serly datang tapi tidak bersama Stuart, mereka menyampaikan kalau Stuart masih sibuk tapi Stuart pasti datang menjenguk aku nanti. Aku sangat kecewa padanya, rasa-rasanya aku bahkan sudah mulai membencinya dan tidak mengharapkan kedatangan dia lagi. Hampir seminggu berlalu hingga akhirnya sosok Stuart muncul, waktu itu aku sedang duduk di tempat tidur sambil menikmati coklat pemberian teman-teman, tapi aku sudah terlanjur marah padanya.
”Jes aku mau minta.....”
”Udah Stu, udah..... Kamu berubah Stu, kamu bukan Stuart sahabatku yang dulu lagi. Kamu gak pernah mau jalan bareng lagi, gak mau ngerjain PR bareng, gak pernah mau berangkat bareng ke sekolah lagi, gak mau liburan bareng lagi. Aku pernah dijambret tau gak? Aku juga sakit karena nungguin kado ulang tahun dari kamu semalaman di taman belakang? ”Pasti kamu ke birthday party-nya Rara” gitu aku mikir. Mana Stuart yang selalu ngejagain aku? Mana Stuart yang selalu setia ngedenger cerita-cerita konyol aku? Mana Stuart yang selalu ngabisin liburan bareng aku? Mana Stuart yang selalu datang setiap malam dan bawain aku kado ultah di taman belakang? Mana Stu? Mana?”, kataku setengah berteriak, aku cuma bisa menangis, tapi rasanya menangis saja tidak cukup untuk menunjukan betapa sakitnya hatiku. Saat itu tiba-tiba saja aku sudah ada dalam pelukan Stuart.
”Maafin aku Jes, aku udah bikin kamu bingung dan benci padaku. Aku emang berubah Jes, aku sadar itu. Dan aku bener- bener minta maaf. Maaf karena aku nggak ada saat kamu lagi susah. Maaf karena aku nggak lagi mau ngedengerin cerita-cerita kamu. Maaf karena aku nggak pernah lagi ngabisin liburan bareng kamu. Maaf karena 2 tahun terakhir ini aku nggak pernah nemuin kamu lagi di taman belakang dan ngasih kamu kado ultah. Maaf karena aku udah bikin kamu sakit dan nangis kayak gini. Tapi, aku punya alasan tersendiri Jes. Soal kado ulang tahun kamu, aku cuman nggak tau apa yang cewe SMA suka, aku nggak tau apa kamu bakal suka kado dari aku ato nggak. Karena kado yang mau aku kasi ke kamu bukan lagi kado dari seorang sahabat tapi kado dari seorang cowo yang suka sama seorang cewe. Aku sayang sama kamu Jes, sayang banget, tapi rasa sayang aku sekarang beda Jes.”
”Bodoh...., kamu emang tetep bodoh yah kayak dulu....”, aku melepaskan pelukan Stuart dan menjitak kepalanya.
”Auch....., maksud kamu?”, tanya Stuart.
“Kenapa kamu harus nunggu sampe 2 tahun sih? Kenapa kamu harus nunggu aku jatuh sakit dulu, Stuart bodoh? Kalau aja kamu ngomong dari dulu mungkin aku nggak perlu nangis sekarang. Aku juga sayang sama kamu Stuart, sayang banget, tapi kali ini aku pengen kamu ganti status jadi pacarku, Stuart bodoh......”
THE END





No comments:

Post a Comment